Kamis, 20 Oktober 2016

JADWAL TUMBUH GIGI

Hai ayah bunda,
Postingan saya kali ini saya khususkan bagi anak-anak usia SD dan pastinya bagi yanda yang punya anak usia SD hehehe...
Kenapa sih usia SD itu spesial? Karena di usia inilah (6-12 tahun) masa pergantian gigi susu menjadi gigi permanen terjadi...
Gigi susu bertugas untuk memandu gigi permanen menuju posisi yang seharusnya dia tempati, oleh karena itu gigi susu seharusnya tanggal sesuai waktunya. Bila ia tanggal lebih cepat atau lebih lama, maka efeknya adalah gigi permanen penggantinya bisa tidak berada di posisi yang seharusnya.
Inilah awal muasal terjadinya crowded gigi (gigi berjejal).
Memang crowded gigi bisa diperbaiki dengan menggunakan perawatan orthodontic (behel), namun tindakan preventif selalu lebih baik bukan?
Sebetulnya masa pertumbuhan gigi permanen untuk menggantikan gigi susu sudah banyak dishare di internet.. gambar-gambarnya pun banyak sekali.. cuman karena saya sedang iseng (baca= dipaksa tugas aktualisasi prajab) jadi saya membuat chart ini menjadi per kelas.. yanda bisa lihat pada kelas 1, gigi mana saja yang akan tumbuh, kelas 2 gigi mana saja dst... sehingga harapan kita semua, gigi anak-anak kita khususnya dan anak-anak Indonesia pada umumnya bisa terpantau pertumbuhannya....
Keyword = walaupun ada patokan usia pertumbuhan gigi permanen, tetap yang namanya manusia itu spesial, tidak semuanya sama... apabila yanda melihat anak yanda belum tumbuh giginya seperti di chart tersebut, jangan dulu khawatir, lebih baik konsultasikan dengan dokter gigi yanda ya :) :) 

Regard....


Tidak ada komentar:

Posting Komentar